Senin, 25 Oktober 2010

Analisis Pesaing dalam bidang Software House

Keberhasilan bisnis salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Output dari kemampuan tersebut, menopang manajemen dalam memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi diantara pesaing. Demikian karena, analisis dilakukan dengan cara identifikasi industri dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam industri, kemudian masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas pesaing termasuk identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun segmen pasar.

Persaingan terjadi dalam semua bidang bisnis, termasuk dalam bidang bisnis Software House. bisnis di bidang software house dirasa mempunyai potensi karena banyaknya pengguna komputer di indonesia, sehingga banyaknya permintaan pembuatan software untuk membantu kinerja mereka, atau untuk membantu pekerjaan mereka.

untuk tetap mepertahankan kinerja suatu bisnis, sangat perlu dilakukan analisis terhadap pesaing - pesaing yang ada. tentunya tentunya hal ini dilakukan setelah melakukan analisis pasar seperti pada postingan sebelumnya.

banyak cara untuk menganalisi pesaing, beberapa hal - hal yang perlu dianalisa dari pesaing dalam bidang software house :
- harga produk
- jenis produk
- strategi marketing
- mutu produk


untuk menganalisa software house pesaing dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing. untuk itu perlu disiapkan strategi yang benar - benar matang untuk bersaing dengan software house lainnya, perencanaan taktik dan strategi ini yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan software house

Tidak ada komentar:

Posting Komentar