Senin, 18 Oktober 2010

Analisis Situasi Pasar ( Software House )

Analisis situasi pasar adalah hal yang perlu dilakukan sebelum membentuk mendirikan sebuah bisnis, di bidang apapun. kali ini saya akan mencoba menganalisis situasi pasar sebelum mendirikan sebuah software house.

Software house adalah sebuah bisnis di bidang jasa, menawarkan pembuatan aplikasi sesuai permintaan. Sebuah software house profesional biasanya terdiri dari setidaknya tiga dedikasi tim sub:

bisnis analis itu lah yang nantinya akan menganalisa situasi pasar yang ada dan mengarahkan software house agar lebih fokus ke suatu tujuan. beberapa hal yang perlu dianalisa oleh bisnis analis itu sendiri adalah :
  • Aplikasi
Aplikasi ingin dibuat, apakah aplikasi desktop atau aplikasi web, tentunya 2 macam aplikasi itu mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. selain itu juga tentukan jenis aplikasinya apakah aplikasi game( seperti gamehouse) , perkantoran(seperti Adobe) , antivirus, ataupun aplikasi pemrograman ( seperti oracle).
  • Harga
Harga aplikasi yang dibuat, aplikasi yang sekiranya sangat membantu/mempermudah user pastinya tidak murah, aplikasi game jangan sampai terlalu mahal, kecuali game itu benar benar canggih. Harga sebuah aplikasi yang dibuat sangat dipengaruhi kecanggihan aplikasi yang dibuat.
  • Waktu
Waktu pembuatan aplikasi adalah hal yang sangat perlu untuk dipertimbangkan, waktu pembuatan yang cepat selalu menjadi keinginan konsumen, namun tidak perlu sampai memaksakan diri juga. pilih waktu yang anda kira ideal agar tidak terlalu memforsir diri anda. namun juga jangan terlalu lama, karena waktu pembuatan yang terlalu lama akan mempengaruhi harga aplikasi tersebut.

Jaman sekarang ini sepertinya banyak bidang aplikasi yang bisa dibuat softwarenya, baik game, aplikasi perkantoran, aplikasi untuk keamanan komputer, dan lain-lain. jadi bisnis software house sekiranya masih mempunyai peluang besar untuk sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar